Rabu, 17 Oktober 2012

Atasi Sembelit dengan 6 Resep Alami Ini

konstipasi atau sembelit nyaris dulu dihadapi oleh tiap-tiap orang. banyak yang menganggap seandainya sembelit cuma berlangsung pada orang yang buang air besar ( bab ) tidak teratur dengan kata lain tidak tiap-tiap hari. walau sebenarnya, sesungguhnya tak ada aturan tentu berapakah kali orang mesti bab didalam tiap-tiap minggu atau tiap-tiap hari. 

banyak factor yang bisa mengakibatkan sembelit. diet makanan yang kurang serat, minum, olahraga, dan ketergantungan pada obat pencahar, stroke, serta problem pada usus besar, seluruh mungkin saja karena. 

sebagian type obat-obatan juga dapat jadi factor pemicu berlangsungnya sembelit. terhitung obat golongan narkotika, antasid yang memiliki kandungan aluminium serta kalsium, obat hipertensi, antidepresan, suplemen zat besi, antiparkinson, serta antisesak. 

pemakaian obat pencahar dengan terus-terusan untuk menangani sembelit amat tidak disarankan. tak hanya bikin anda jadi bergantung dengan obat tersebut, dampak yang berlangsung didalam tubuh juga tidak baik. karena, usus tidak dirangsang untuk bekerja sendiri. 

nah, apabila anda alami sembelit, coba untuk minum air putih didalam jumlah banyak, 2-4 gelas. anda juga dapat konsumsi pepaya. karena, pepaya memiliki kandungan papain yang bisa melunakkan feses. seandainya cara itu tidak sukses, anda juga tetap dapat coba sebagian ramuan yang ditemukan pakar tanaman obat dibawah ini : 

1. daun wungu ( graptophyllum pictum ( l ). griff ) 
daun wungu ( atau pada sebagian literatur dimaksud dengan daun ungu ) memiliki kandungan alkaloid non toksik, glikosod, steroid, saponin, tanin serta lendir. saponin inilah yang memiliki dampak sebagai pencahar mudah ( mild laxative ). 
langkah memanfaatkannya : daun wungu fresh tujuh lembar, rebus dengan dua gelas air sampai lantas satu gelas. saring lantas minum. 

2. kejibeling ( strobilanthes crispus bl ) 
kejibeling memiliki kandungan beragam bahan kimia layaknya kalium, asam silikat, natrium, kalsium, dan sebagian senyawa lain. di samping itu, kejibeling memiliki dampak pencahar serta diuretik, hingga baik untuk pasien sembelit. 
langkah memanfaatkannya : 1/2 genggam daun keji beling fresh dicuci sampai bersih. lantas rebus dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas. saring serta minum. 

3. ketepeng cina ( cassia alata l. ) 
daun ketepeng cina memiliki kandungan zat samak dan berbentuk sebagai laksatif. tak hanya itu, tanaman ini juga mempunyai rasa pedas, hangat, insektisidal, obat cacing, obat kelainan kulit yang dikarenakan oleh parasit kulit. dampak farmakologi terlebih didapat dari daunnya. 

langkah memanfaatkannya : daun ketepeng cina muda serta fresh sejumlah tujuh lembar dididihkan dengan dua gelas air sampai tersisa satu gelas. angkat, saring, serta minum. 

4. lidah buaya ( aloe vera ) 
tak hanya berguna untuk rambut serta menyembuhkan luka, lidah buaya juga berperan sebagai pencahar. getah daun lidah buaya adalah perantara pembersih yang cukup kuat. tetapi, kandungan pencahar yang cukup kuat pada lidah buaya, anthraquinone, kadang-kadang bisa menyebabkan diare serta kram usus. itu penyebab, mesti dipakai dengan hati-hati. sebaiknya lakukan konsultasi dengan pakar herbal atau naturopati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar